PENGENALAN TEORI & PERUMUSAN TEORI AKUNTANSI (KONVENSIONAL)


Belajar tentang pengenalan teori akuntansi dan perumusan teori akuntansi (konvensional)  yukk ..

Berbagai pandangan tentang akuntansi konvensional : (1) akuntansi sebagai catatan histories; (2) akuntansi sebagai bahasa; (3) akuntansi sebagai politik antar perusahaan; (4) penentuan standar akuntansi adalah proses politik; (5) akuntansi sebagai mitologi; (6) akuntansi sebagai informasi komunikasi dan keputusan; (7) akuntansi sebagai barang ekonomi; (8) akuntansi sebagai komoditas social; (9) akuntansi sebagai ideology dan eksploitasi; (10) akuntansi sebagai klub social.

Hubungan teori akuntansi dan praktik akuntansi : akuntansi memiliki hubungan definitive dengan praktik akuntansi; perumusan teori akuntansi timbul karena adanya kebutuhan untuk memberikan logika penalaran tentang apa yang dilakukan auditor; teori akuntansi tidak lepas dari praktik akuntansi karena bertujuan menjelaskan praktik akuntansi dan memberikan dasar bagi pengembangan praktik.

Proses perumusan teori akuntansi : berdasarkan 4 pendekatan yaitu : (1) pendekatan bahasa, (2) pendekatan penalaran, (3) pendekatan justifikasi, dan (4) pendekatan prediktif.

►    Pendekatan bahasa terdiri atas : syntactic, semantic, dan pragmatic

►    Pendekatan penalaran terdiri atas : deduktif dan induktif

►    Pendekatan penalaran terdiri atas : normatif

►    Pendekatan penalaran terdiri atas : akuntansi posit

Teori akuntansi, menurut berbagai pendapat :

  • Boldberg (1949) = akuntansi tidak didasarkan pada cara-cara sistematis.
  • AICPA (1953) = akuntansi sebagai seni bukan body of knowledge, identik dengan prosedur yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan pencatatan sampai dengan penginterpretasian transaksi keuangan.
  • AAA (1966) = akuntansi merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pemakai yang berkepentingan dengan masalah pengelolaan uang.
  • APB (1970) = akuntansi adalah kegiatan jasa, fungsinya adalah memberikan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan tentang entitas ekonomi yang diharapkan bermanfaat bagi pengambilan keputusan ekonomi.
  • Hendriksen (1982) = teori akuntansi tidak lepas dari praktik akuntansi karena tujuan utamanya adalah menjelaskan praktik akuntansi berjalan dan memberikan dasar bagi pengembangan praktik tersebut.
  • Ijri (1971) = teori akutansi dapat dikatakan sebagai suatu konsep modern jika dibandigkan dengan konsep teori yang lain.

itu tadi materi tentang pengenalan teori akuntansi dan perumusan teori akuntansi (konvensional) yang bisa aku bagikan saat ini. silakan dibaca. semoga bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s