BAGAIMANA INDONESIA KELUAR DARI PERANGKAP UTANG ?


BAGAIMANA INDONESIA KELUAR DARI PERANGKAP UTANG ?

Indonesia saat ini sudah terperosok jauh ke jurang utang dan untuk keluar dari jurang tersebut bukan perkara yang mudah serta memerlukan upaya yang hati-hati, sabar dan teencana. Keluar dari perangkap utang bukan hanya sekedar bisa melunasi utang pemerintah dan swasta, tetapi lebih jauh lagi, di dalamnya juga mengharuskan terjadinya reformasi struktural dalam perekonomian Indonesia. Seperti diungkapkan pada bagian awal tulisan ini, penyebab kenapa suatu bangsa berutang adalah karena kesenjangan investasi tabungan dan kesenjangan defisit neraca traksaksi berjalan.

Oleh karena itu, upaya meningkatkan tabungan menjadi sangat penting bagi upaya keluar dari perangkap utang. Selain itu, agar neraca trkasaksi berjalan menunjukkan angka yang sehat maka kinerja ekspor mesti ditingkatkan. Hal ini sangat terkait dengan upaya bagaimana produk-produk yang memiliki keunggulan komparatif bisa muncul sebagai komoditi ekspor utama. Di dalamnya juga termasuk bagaimana pasar menjadi arena yang fair bagi semua pelaku usaha untuk bersaing satu sama lain sehingga pelaku usaha terbaiklah yang muncul ke permukaan, bukannya pelaku usaha karbitan pemburu rente seperti selama ini.

Selain itu, perbaikan kinerja BPPN sangat penting dalam upaya penjualan asset-aset bank bermasalah dan perusahaan-perusahaan. Percepatan penjualan asset-aset ini selain menambah pendapatan negara juga mempercepat sector swasta mengelola asset-aset tersebut. Sehingga, bisa diharapkan pemulihan ekonomi akan berlangsung lebih cepat. Sedangkan, Dirjen BUMN penting dalam hal ini untuk merestrukturisasi BUMN dan menjual BUMN tersebut yang juga berguna selain menambah pendapatan negara, juga sebagai upaya mengurangi beban pemerintah dalam pengelolaan BUMN, dan memberikan kesempatan kepada swasta untuk berusaha di bidang usaha yang sudah sepantasnya ditinggalkan pemerintah.

Beberapa cara selama ini sudah ditempuh seperti penjadwalan kembali (rescheduling) utang merupakan cara-cara yang lunak dalam menggurangi beban utang terhadap APBN. Ada beberapa cara lain yang lebih radikal yang bisa dijalankan dan cara ini pernah sukses dijalankan Negara lain yang terkena krisis, yaitu pengurangan utang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s