Mengapa Utang Indonesia Perlu Dihapuskan ?


Mengapa Utang Indonesia Perlu Dihapuskan ?

Beberapa argument untuk penghapusan utang ini, yaitu :

Pertama, karena belas kasihan karena Negara ini terpuruk ke dalam lembah kemiskinan sebagai akibat krisis ekonomi yang dalam.

Kedua, karena sebagian dari utang tersebut adalah utang illegal atau najis (odious debt). Utang najis adalah utang yang diberikan negara peminjam atau lembaga multilateral, namun tidak digunakan untuk keperluan pembangunan atau dengan kata lain utang-utang tersebut tidak sampai ke tangan rakyat. Tetapi, dikorupsi oleh penguasa-penguasa di negara penerima. Sehingga, adalah sah jika utang ini tidak diakui sebagai utang suatu pemerintahan. Gerakan penghapusan utang negara-negara Dunia Ketiga sudah menjadi satu gerakan yang akan mendunia, yaitu gerakan Jubuliee 2000 yang dipelopori gereja-gereja khatolik di Amerika Latin.

Ketiga, penghapusan utang karena kesalahan perilaku kreditor, khususnya lembaga multilateral seperti Bank Dunia. Salah satu penyebab proyek-proyek yang dibangun tidak memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat Negara debitor adalah kesalahan staf-staf Bank Dunia yang melakukan studi kelayakan proyek, merekomendasikan, dan menyetujuinya. Selain itu, kebocoran dana-dan juga tidak lepas dari sikap Bank Dunia yang hanya mementingkan kepentingannya yaitu, pembayaran cicilan dan bunga utang lancar tanpa memeperhatikan kesuksesan proyek dan tanpa pengawasan yang berarti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s